Friday, July 22, 2011

Grafis Vektor & Bitmap

<!--[if gte mso 9]>
1. Grafis?
Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.

Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Orang yang bekerja dalam bidang ini di sebut seorang Desainer dan seorang Desainer harus memiliki minimal 5 (lima) Dimensi Keilmuan yaitu :
1. Wawasan Teknologi
2. Wawasan Sains
3. Wawasan Seni
4. Wawasan Sosial Dan Budaya
5. Wawacan Filsafat Dan Etika




2. Grafis Vektor?
Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu. Vektor adalah serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan dalam bentuk, garis, dan bagian-bagain lain yang saling berhubungan dalam sebuah gambar. Ukuran file relatif kecil dan jika diubah ukurannya kualitasnya tetap.




3. Grafis Bitmap?
Grafis Bitmap adalah objek gambar yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan kombinasi warna. Bitmap adalah gambar bertipe raster. Mengandalkan jumlah pixel dalam satu satuan tertentu. Semakin rapat pixel maka semakin baik kualitas gambar. Sebaliknya jika dipaksa diperbesar akan terlihat pecah . Besar file yang dihasilkan cenderung besar.




4. Contoh-contoh File Grafis Vektor dan Bitmap?
Contoh file vektor adalah .wmf, swf , cdr, eps, cgm, dan .ai. Dan sering dipakai dalam membuat logo, animasi, ilustrasi, kartun, clipart dsb. Sedangkan Contoh bitmap adalah .bmp, .jpg, .jpeg, .gif, .tif, .tiff, .pcx, dan .png.




5. Software-software Pengolah Grafis Vektor dan Bitmap?
- Vektor: Adobe Illustrator, Macromedia Freehand®, Maya3D, Strata 3D CX, Ulead COOL 3D, Swift 3D, Autocade, 3D Home Architect, dan CorelDraw®
- Bitmap: Adobe Photoshop®, Windows Paints, Paintbrush, dan Corel Photopaint

| Free Bussines? |

No comments:

Post a Comment