Monday, August 26, 2013

ALSA StudiTrip

haloo, kali ini aku datang membawa cerita yang menyenangkan.
tanggal 30 maret kemarin UKM yang aku geluti mengadakan studi trip ke NUSAKAMBANGAN.
sekilas info Nusakambangan terletak di cilacap, pulau ini khusus untuk tempat rehabilitasi, jadi kalo kamu kesana jangan kaget kalo ketemu orang-orang  yang menggunakan seragam lapas (lembaga permasyarakatan) lalu lalang di depan kamu, tanpa penjaggan. pertama kali dengar kata Nusakambangan aja pasti kita udah berpikir tempatnya menyeramkan, suram dan disanalah tempat narapidana kelas tinggi berada. acara yang aku ikutin kemarin menjelaskan kalo Nusakambangan bukan tempat yang suram seperti di pikiran kita. disana kami bertemu dengan petugas bahkan kami berdialog dengan penghuni lapasnya. kami berdiskusi di bagi kelompok, kelompokku dapat penghuni yang terkena masalah narkotika, 1 yang terpidana 7 tahun dan 11 tahun. mereka menceritakan pada kami kegiatan selama disana, contohnya keagamaan, olah raga, bersih2, bercocok tanam,berternak , untuk kegiatan selama disana yang bisa menunjang kerja mereka , mereka dapat pelatihan kaligrafi tulisan arab yang hasilnya nanti bisa di jual *sudah bnyk loh yang terjual karya2 mereka* , ada juga bagian teknik membuat kursi meja dll dari kayu, setidaknya dengan melakukan kegiatan ini akan membantu mereka nanti di kehidupan luar bersama masyarakat.
aku sempat masuk ke dalam lapas dalam ( lapas kelas 1 Batu) , dan memang disana kita tidak boleh membawa handphone, kami melihat langsung tempat tinggal mereka tapi kami tetap melihatnya dari luar pagar kawat. ketika kami masuk tidak banyak yang terlihat karena penghuninya sedang istirahat *jam 1 siang* setelah istirahat mereka kembali melakukan aktifitas.
sungguh menyenangkan bisa mengetahui salah satu lembaga permasyarakatan di indonesia walau masih banyak yang belum sempurna dalam hal pelayanannya. di nusakambangan ada banyak lapasnya ada lapas pasir puti , narkotika dll dan kegiatannya sama dengan yang kami datangi.

 salah satu penghuni lapas yang berdiskusi dengan kami mengatakan

"tujuan manusia itu sama *hidup enak (uang)* , tapi caranya yang berbeda ada yang memilih cara cepat, ada pula yang memilih cara lama.  untuk itu lebih baik menghindari cara cepat, dan nikmati prosesnya dengan begitu kita akan tetap mendapatkan tujuan kita tanpa noda" 

intinya segala sesuatunya itu butuh proses, dan kita harus sabar mengahadapi proses itu agar tercapai tujuan kita yang bersih. mereka disana dulunya menghalalkan segala cara agar cepat mencapai tujuan.

kegiatan kami dilanjutkan berfoto di depan lapas kelas 1 Batu lalu berlanjut ke lapas pasir putih untuk berfoto, disana kami di beri kendaraan bus nusakambangan. acara terakhir kami MAIN AIR,
ya karena disana pulau otomatis dekat dengan pantai, kami menghabiskan waktu kami di pantai main games, foto2.
sekitar jam 5 an kami harus ke dermaga lagi untuk ke pelabuhan tanjung intan  cilacap, dilanjutkan naik tronton ke Unsoed tercinta <3 br="" nbsp=""> "mungkin dulunya mereka orang yang khilaf, tapi mereka masih memiliki kesempatan kedua untuk memperbaiki diri dan menjadi orang baik yang diterima di lingkungan luar" 

*foto menyusul ya

| Free Bussines? |

No comments:

Post a Comment